17.598 Siswa SD Ikuti USBN

17.598 Siswa SD Ikuti USBN

17.598 Siswa SD Ikuti USBN

Sebanyak 17.598 siswa kelas VI SD negeri/swasta se-Kota Bogor mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional

(USBN) tahun ajaran 2017/2018. Para pelajar ini akan diuji selama tiga hari dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Saya memastikan besok (hari ini, red) pelaksanaan USBN SD di Kota Bogor akan berjalan lancar. Karena sekitar pukul 15:00 WIB, pendistribusian Lembar Kertas Soal (LKS) dan Lembar Kertas Jawaban (LKJ) sudah tersalurkan ke enam sub rayon,” kata Kepala Bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Maman Suherman saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, sejak kemarin pemerintah sudah mensiapkan segalanya. Karena, tiga soal mata pelajaran

sudah lengkap 100%. Bahkan, setelah di cek ke enam sub rayon, tidak ada kekurangan amplop yang berisikan LKS maupun LKJ. “Alhamdulillah, pengiriman terakhir ke sub rayon Kecamatan Bogor Barat di SDN Gunungbatu 1, sekitar pukul 15:00 WIB tidak ada masalah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Bogor Fahrudin menjelaskan, pelaksanaan USBN tingkat SD berbeda dengan tingkat SMP atau SMA. Kalau SD masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Dan pengawasanya akan dilakukan secara silang antar sekolah.

“Soal USBN tidak ada perbedaan. Karena bergantung pada kurikulum yang digunakan

. Jadi, kurikulumnya masih sama yakni kurikulum Dua Ribu Tiga Belas (Kurtilas). Hanya mungkin yang agak beda itu adalah tingkat kesulitan karena setiap tahun pasti meningkat,” jelas Fahrudin.

Ia mengingatkan bahwa nilai USBN tidak menjadi penentu kelulusan. Tapi, menjadi pertimbangan dalam meluluskan pihak sekolah dan di Kota Bogor nilai USBN akan digunakan untuk memasuki jenjang pendidikan SMP sebagai jenjang pendidikan berikutnya.

 

Sumber :

https://voi.co.id/