Cara Merawat Kucing dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Kucing dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Kucing dengan Baik dan Benar

Kucing yang Anda rawat dapat diajak keluar rumah pada kondisi tertentu. Salah satunya saat mereka sedang sakit dan memerlukan pengobatan dari dokter hewan. Hewan peliharaan tersebut, dapat Anda ajak berjalan-jalan.

Membawa kucing ketika berpergian diperlukan kandang khusus yang nyaman. Untuk menggunakan kandang sebagai tempat sementara, pilihlah model kandang yang mudah dibersihkan dan mudah dibawa agar tidak merepotkan Anda.

Panduan cara merawat kucing saat dirumah adalah mencegah hewan tersebut menggaruk tempat berbahan empuk seperti sofa atau bagian perabotan rumah. Kucing mempunyai kegemaran menggaruk suatu objek dengan kuku jika tidak difasilitasi sarana pendukung.

Salah satu cara mencegah kucing menggaruk adalah mainan khusus untuk mereka. Pilih jenis mainanĀ  yang memberi kesempatan menyalurkan keinginan menggaruk di mainan.

Membiasakan Kucing Buang Kotoran

Kucing pada waktu tertentu bisa merepotkan anggota keluarga jika tidak terbiasa buang kotoran di tempatnya. Selain itu, air kencing kucing cenderung lebih berbau dibanding anjing.

Kucing sejak kecil perlu diajarkan membuang kotoran ditempat yang tersedia. Anda perlu mempersiapkan wadah yang luas disesuaikan ukuran badannya sehingga gampang berakselerasi dan berpindah.

Wadah untuk pembuangan kotoran kucing, umumnya diisi dengan pasir khusus yang bisa Anda beli. Pasir untuk kucing ini berbeda dengan pasir yang dipakai untuk membangun rumah. Pasir untuk kucing akan mengumpal saat terkena kotoran sehingga tidak menyebabkan bau di dalam ruangan rumah.

Menyediakan Makanan untuk Kucing

Makanan adalah kebutuhan dasar yang perlu Anda pertimbangan sebelum memelihara ras kucing tertentu. Sebagian besar kucing ras khusus, umumnya tidak bisa diberi makanan secara sembarangan karena mempunyai tingkat kepekaan yang dapat menganggu kesehatan tubuh dan bulu mereka.

Menjaga Kebersihan Tubuh Kucing dengan Mandi

Kucing salah satu hewan yang bisa menjaga kebersihan tubuhnya. Namun dalam waktu tertentu dan peristiwa tak terduga, mereka bisa menjadi bau atau terpapar cairan yang berbahaya seperti cat.

Memandikan kucing adalah cara terakhir yang tidak bisa dihindari, Anda perlu pengalaman untuk memandikan kucing. Memandikan kucing perlu beberapa persiapan matang.

Beberapa panduan lain untuk merawat kucing adalah jadwal grooming pada situasi bulu mereka rontok. Grooming yang diberikan dengan tepat akan membuat pertumbuhan bulu menjadi sehat dan indah.

Jadwal Potong Kuku Kucing

Kuku kucing bertumbuh dan bisa menjadi tajam, pada saat kuku panjang dibiarkan pemiliknya tanpa dipotong, beresiko bengkok dan melukai organ kakinya. Hal lain yang terjadi ketika kuku kucing panjang dan membengkok ke dalam, mereka akan sulit berjalan dan aktivitas pergerakan akan menurun karena tidak nyaman.

Kuku kucing perlu dirawat dengan cara dipotong dengan gunting khusus. Gunting potong kuku kucing berbeda dengan gunting potong kuku untuk manusia.

Cegah Penyakit Sejak Dini dengan Vaksinasi

Perawatan lain untuk kesehatan kucing adalah vaksinasi pada periode tertentu. Pemberian vaksinasi pada kucing sangat penting untuk mencegah penularan penyakit dari lingkungan atau hewan lain.


Sumber:

https://rumahkucing.co.id/