Jabar Siap Wujudkan Sekolah Gratis SMA/SMK

Jabar Siap Wujudkan Sekolah Gratis SMA/SMK

Jabar Siap Wujudkan Sekolah Gratis SMA SMK

Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum, menga­takan, program pendidikan gratis

untuk tingkat SMA/SMK, termasuk Madrasah Aliyah (MA) di bawah Kementerian Agama segera diwujudkan di seluruh kota/kabupaten pada 2020. ”Kalau tidak ada masa­lah, anggaran juga sudah di­persiapkan. Semoga pada 2020 sudah bisa diselenggarakan,” kata Uu.

Ia menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar yang saat ini dipimpin Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah berjanji saat kampanye untuk menjalankan program pen­didikan gratis untuk tingkat SMA, SMK termasuk MA di Jabar. Program itu hanya un­tuk pendidikan tingkat SMA sederajat yang kewenangan­nya di Pemprov Jabar. Se­dangkan tingkat SD/MI dan SMP/MTs kewenangan peng­elolaannya ada di tingkat pemerintah kota/kabupaten.

”Kalau untuk SMP, ke­wenangannya ada di tingkat kabupaten kota. Sementara SMA

ada di kami tingkat pro­vinsi. Jadi, kami hanya bisa membebaskan tingkat SMA,” katanya seperti dilansir anta­ranews.

Ia mengungkapkan, program pendidikan gratis itu meru­pakan salah satu janji kam­panye Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum yang ha­rus direalisasikan. Selama ini program tersebut sudah di­bahas. Mulai dari kebutuhan setiap siswa, sekolah hingga besaran anggaran yang harus disiapkan Pemprov Jabar se­tiap tahun.

”Kita sudah bahas, tinggal hitung kebutuhan siswa satu tahun, baik dari swasta, ne­geri

, dari Kemenag maupun dinas pendidikan,” katanya.

Ia menambahkan, pelayanan pendidikan merupakan ke­wajiban pemerintah untuk memberikan kemudahan dalam membangun generasi bangsa yang cerdas dan ber­kualitas. ”Kami berharap pendidikan lebih baik lagi di Jabar, karena kita masih ren­dah,” katanya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GXMXC6C