Kerangka Berpikir

Table of Contents

Kerangka Berpikir

Kerangka Berpikir

Pendidikan adalah suatu proses, bersama proses itu anak bertumbuh dan berkembang dalam belajar. Pendidik dengan sengaja mempengaruhi arah proses itu sesuai dengan tata nilai yang dianggap baik dan diterima dan berlaku dalam masyarakat. Kuat lemahnya pengaruh itu sangat bergantung pada tata tertib yang ditetapkan dan dicontohkan oleh guru.

Organisasi merupakan suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang untuk melakukan kerja sama dalam upaya mencapai tujuan bersama. Jadi, organisasi adalah tempat berkumpulnya orang-orang demi tujuan tertentu. Orgnisasi terbentuk bila dua orang atau lebih maupun sekelompok orang yang bekerja sama dan menjalankan suatu pekerjaan atau kegiatan demi mencapai tujuan yang sama pula. Dalam suatu organisasi terdapat pembagian tugas. Pembagian tugas yang dilakukan harus disesuaikan dengan kemampuan setiap individu.

Untuk memotivasi siswa agar dapat memahami, mengerti tentangkebebasan berorganisasi serta perilaku menghargai teman maka diberikan pelajaran PKn, budi pekerti dan agama yang berhubungan dengan nilai-nilai norma yang ada baik di sekolah maupun di masyarakat. Dengan pelajaran tersebut akan membantu meningkatkan pengetahuan siswa tentang kebebasan berorganisasi dengan perilaku menghargai teman. Dasar yang diajarkan atau diberikan di sekolah harus kuat berkualitas agar siswa dapat menerima pelajaran dengan baik dan benar.

Konsep menghargai teman ini seperti halnya konsep mencintai adalah merupakan perwujudan dari adanya saling mencintai sesama manusia, makaakan timbul keinginan untuk dapat mencintai orang lain sebagai mana mencintai dirinya sendiri, sampai akhirnya timbul keinginan untuk tenggang rasa, yaitu merasakan apa yang di alami oleh orang lain seolah-olah terjadi pula atas dirinya, sehingga dalam perbuatannya selalu diimbangi dengan penuh pengertian dengan sadar tidak buruk sangka.

Pemahaman siswa tentang pengertian organisasi adalah suatu perkumpulan yang anggotanya mempunyai tujuan bersama, adanya pembagian tugas kelompok, serta adanya kerjasama diantara orang yang bekerja.

Perilaku menghargai teman adalah suatu tindakan dalam menghadapi suatu obyek, ide dan situasi atau nilai di dalam berperilaku yang meliputi tolong menolong, gotong royong, kerja sama, serta nilai kebersamaan.

Semakin baik pemahaman siswa tentang pengertian organisasi, maka akan semakin baik pula perilaku menghargai teman atau sebaliknya semakim buruk pemahaman siswa tentang pengertian organisasi maka akan semakin buruk pula perilaku menghargai teman. Sehingga diduga terdapat hubungan antara pemahaman siswa tentang pengertian organisasidengan perilaku menghargai teman di SDN Harjamekar 04 Cikarang Utara Bekasi.

  1. Hipotesis Penelitian

Berdasarkan kajian teoritis dan kerangkan berpikir di atas, maka penulis mengajukan hipotesis “Terdapat hubungan positif antara pemahaman siswa tentang pengertian organisasi dengan perilaku menghargai teman di SDN Harjamekar 04Cikarang Utara Bekasi”.

Sumber : https://merkbagus.id/