Mengenal Fitur JAKI: Aplikasi Layanan Warga DKI Jakarta

Mengenal Fitur JAKI: Aplikasi Layanan Warga DKI Jakarta

 

Mengenal Fitur JAKI Aplikasi Layanan Warga DKI Jakarta
Mengenal Fitur JAKI Aplikasi Layanan Warga DKI Jakarta

atau singkatan dari Jakarta Kini merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan Pemprov DKI untuk memudahkan hidup semua orang yang lahir, tumbuh, dan menetap serta yang berkontribusi dalam memajukan perekonomian ibu kota.

Melalui Jakarta Smart City, JAKI didesain untuk mewujudkan kota pintar yang efisien dan efektif dalam mengubah Jakarta tumbuh menjadi kota metropolitan yang cerdas dan lebih baik.

Dalam penerapannya, JAKI mengedepankan tiga nilai utama yakni integrasi, berorientasi masyarakat dan one-stop service. Integrasi dimaksudkan untuk dapat mengoptimalkan efisiensi dan efektivitas pelayanan masyarakat.

Dengan berorientasi pada masyarakat pula aplikasi ini memang dipergunakan untuk membantu setiap warga yang melakukan segala aktivitasnya di Jakarta.

Kemudian aplikasi ini juga berkomitmen menyediakan One-Stop Service atau layanan terpadu yang memungkinkan warga Jakarta mengakses berbagai pelayanan selagi beraktivitas di kota ini.

Ketiga nilai tersebut JAKI persembahkan melalui fitur-fitur yang telah disediakan hingga saat ini. Adapun sejumlah

fitur yang tersedia pada aplikasi resmi Pemprov DKI tersebut adalah sebagai berikut.

1. JakWarta

JAKI menyajikan berita resmi yang diinformasikan langsung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berada di Provinsi DKI Jakarta.

Informasi yang disajikun pun terkini dan beragam mengani apapun yang terjadi atau dilakukan oleh pemerintah setempat di sekitar kawasan Jakarta.

2. JakLapor

JakLapor merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menyampaikan permasalahan yang mereka temui di Jakarta.

Sistem pelaporan yang diterapkan pada JAKI berbasis geo-tagging, sehingga dapat dengan mudah untuk mencari tahu titik lokasi kejadian yang dilaporkan.

Warga yang terdaftar atau pelapor juga dapat memantau setiap laporan lengkap dengan pihak terkait yang

menindaklanjuti laporan tersebut melalui aplikasi JAKI.

3. JakSurvei
JakSurvei diperuntukkan bagi para pengguna untuk memberikan penilaian atau mengevaluasi kinerja Pemprov DKI dalam layanan masyarakat yang telah diberikan.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan setiap warga untuk ikut serta dalam mengisi survey yang akan digunakan pemerintah setempat dalam membantu penyusunan kebijakan.

4. JakISPU
Tak hanya berikan informasi seputar peristiwa kejadian di Jakarta, JAKI juga dapat digunakan untuk memantau kualitas udara di ibukota melalui fitur JakISPU.

Fitur ini menyajikan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang terintegrasi dengan sensor udara milik Dinas

Lingkungan Hidup DKI Jakarta secara real-time.

5. JakSiaga
Untuk melengkapi sejumlah fungsi yang ada, JAKI hadirkan fitur JakSiaga untuk pengaduan darurat dengan menghubungi nomor-nomor sejumlah pihak terkait seperti Jakarta Siaga, Tim SAR, kepolisian, Palang Merah Indonesia (PMI) dan lain sebagainya.

Sumber:

https://solopellico3p.com/tower-defense-apk/