Pengertian Diskusi Menurut Para Ahli

Pengertian Diskusi Menurut Para Ahli

Pengertian Diskusi Menurut Para Ahli

Pengertian Diskusi

Pengertian diskusi ialah suatu bentuk tukar pikiran. Kata “diskusi” pada awalnya berasal dari bahasa Latin yaitu discusium atau discutio yang memiliki arti “bertukar pikiran”. Akan tetapi, tidak semua kegiatan yang ada kaitannya dengan tukar pikiran dapat disebut sebagai diskusi. Hal ini karena, pengertian diskusi adalah bentuk proses dalam bertukar pikiran yang teratur dan terarah.

Artinya terdapat suatu masalah yang hendak dibicarakan dan kemudian digunakan sebagai bahan diskusi dan terdapat hasil yang diperoleh dari adanya proses diskusi tersebut. Diskusi dapat dilakukan dalam bentuk kelompok. Kegiatan diskusi memiliki tujuan guna mendapatkan suatu pengertian, kesepakatan, serta keputusan bersama tentang sebuah masalah yang dibahas tersebut. Unsur penting dari diskusi adalah terdapat forum tanya jawab selama berlangsungnya proses diskusi.

Diskusi merupakan suatu interaksi antara 2 orang atau lebih. Pada umumnya, komunikasi yang terjadi antara mereka dalam bentuk ilmu atau sebuah pengetahuan dasar yang pada akhirnya dapat memberikan rasa pemahaman yang baik. Berikut pengertian diskusi menurut para ahli.

Pengertian Diskusi Menurut Para Ahli

    1. Hasibuan

Diskusi ialah visi dari 2 atau lebih individu yang sedang berinteraksi secara verbal serta dengan saling bertatap muka satu sama lain dan memiliki tujuan yang telah diberikan dengan cara bertukar pikiran atau mempertahankan.

    1. Moh. Uzer Usman

Menurut Moh. Uzer Usman berpendapat bahwa pengertian diskusi kelompok merupakan proses yang teratur dan melibatkan sekelompok orang-orang di wajah informal guna menghadapi interaksi dengan berbagai informasi atau pengalaman, kesimpulan atau solusi untuk memecahkan sebuah masalah.

    1. Moh. Surya

Diskusi kelompok merupakan proses di mana siswa dapat mendapatkan kesempatan dalam berkontribusi untuk mencari pengalaman mereka sendiri dalam memecahkan sebuah masalah umum. Dalam diskusi ini juga tertanam sifat tanggung jawab dan harga diri.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/