Ponsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus ? Simak Ulasannya Berikut Ini

Ponsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus ? Simak Ulasannya Berikut Ini

Ponsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus Simak Ulasannya Berikut Ini

Ponsel Android Apakah Perlu Di Pasang Antivirus ? Simak Ulasannya Berikut Ini

– Android, merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak di gunakan pada berbagai tipe smartphone saat ini.

Sebagai salah satu sistem operasi yang paling populer saat ini, maka tak heran jika berbagai insiden pelanggaran data pengguna kerap kali menargetkan perangkat dengan basis sistem operasi si robot hijau ini.
Muat Lebih

Waspada, Malware Trojan Shopper Intai Para Pembeli OnlineWaspada, 24 Aplikasi Android Ini Terjangkit Malware JokerWaspada, Game Online Ini Bisa Curi Password Pengguna Android

Banyak pengguna Android yang mengira, menginstall aplikasi antivirus di smartphone mereka bisa terhindar dari aksi kejahatan digital yang menargetkan perangkat yang mereka gunakan. Lalu, apakah tindakan itu sudah tepat ?.
Baca Juga : Aplikasi Senter (flashlight) Untuk OS Android Ini Ternyata Adalah Malware

Melansir dari laman Quora, Siddharth Shankar yang berprofesi sebagai

seorang pakar keamanan digital dan Cyber Security Engineer menjelaskan bahwa mengisntall antivirus di perangkat dengan sistem operasi android sebenarnya tidaklah terlalu berpengaruh.

Hal itu di karenakan, Android merupakan sistem operasi yang justru paling aman dari virus. Android merupakan sistem operasi dengan basis Linux Kernel yang memiliki modul khusus bernama Security-Enhanced Linux (SELinux).

Linux sendiri di kenal sebagai salah satu sistem operasi atau OS yang bersifat open source yang klaim kebal terhadap serangan berbagai macam virus.

Selain itu, hampir keseluruhan aplikasi yang ada pada sistem operasi Android

dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA , yang sampai saat ini di klaim paling aman karena berjalan dalam JAVA Virtual Machine (JVM), dimana sistem ini mengisolasi aplikasi yang running dengan menggunakan metode Sandboxing.
Baca Juga : Peneliti Temukan Malware Android Yang Bisa Mencuri Saldo Paypal Anda

Namun bukan berarti Android bisa aman seratus persen terhadap ancaman pelanggaran data pengguna. Alih-alih waspada terhadap virus, perangkat dengan basis sistem operasi Android justru harus lebih waspada terhadap infeksi malware dalam perangkat yang di gunakan.

Lalu, apa sebenarnya malware itu ?, mengapa ia lebih bahaya ketimbang virus ?. Malware sendiri merupakan kependekan dari malicious software, yakni sebuah software atau aplikasi yang dirancang khusus dengan tujuan untuk membahayakan, menyusup, mencuri data atau bahkan merusak sebuah perangkat.

 

Baca Juga :