Unsur Ekstrinsik Cerpen adalah

Unsur Ekstrinsik Cerpen adalah

Unsur Ekstrinsik Cerpen adalah

Selain dari unsur intrinsik cerpen yang sudah disebutkan diatas, terdapat yang namanya unsur ekstrinsik cerpen. Unsur ekstrinsik cerpen ialah unsur yang membentuk cerita pendek tersebut dari luar. Unsur ekstrinsik cerpen masih berkaitan dengan keadaan masyarakat saat dimana si pengarang membuat cerpen tersebut. Unsur ekstrinsik cerpen mempunyai pengaruh yang besar terhadap penyajian amanat maupun latar belakang dari cerita cerpen tersebut. Berikut unsur ekstrinsik cerpen, antara lain :

    1. Latar Belakang Masyarakat

Unsur ekstrinsik cerpen salah satunya yaitu latar belakang masyarakat. Latar belakang masyarakat ialah pengaruh yang berasal dari kondisi latar belakang masyarakat terhadap kisah cerita cerpen tersebut. Latar belakang tersebut dapat berupa ideologi negara, sosial masyarakat, dan lain sebagainya.

    1. Latar Belakang Pengarang

Unsur ekstrinsik yang satu ini meliputi pemahaman si penulis terhadap sejarah hidup dan juga sejarah hasil karangan yang sebelumnya.

    1. Biografi

Biografi pada umumnya dapat berisikan mengenai riwayat hidup si penulis yang ditulis secara keseluruhan.

    1. Kondisi Psikologis

Kondisi psikologis si pengarang juga berpengaruh dalam pembuatan kisah cerpen tersebut. Kondisi psikologi tersebut adalah pemahaman kondisi mood pada saat si penulis menulis cerita tersebut.

    1. Aliran Sastra

Aliran sastra yang diikuti si pengarang sangatlah berpengaruh terhadap gaya penulisan yang digunakan untuk menciptakan kisah cerpen tersebut.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/